-->

Tips-Tips Atau Cara-Cara Meng-Aransemen Musik Pop Dan Rock (Part 1)



TIPS-TIPS ATAU CARA-CARA MENG-ARANSEMEN MUSIK POP DAN ROCK (Part 1)

- tentukan dahulu stylenya, nada dasar serta tempo.

- mulai cari basic rhythm nya yakni dengan menentukan birama, umumnya musik pop dan rock berada di birama 4/4 atau 2/4, setelah itu tentukan dasar iramanya.

- cari, kembangkan dan pastikan progresi akord nya, misalkan nada dasarnya DO = C, maka; family chordnya berada di harmonisasi C, untuk melodi coba pilih diantara; major scale (C), minor scale (A), pentatonic scale (A & C), dominant scale (G), blues scale (A), minor harmonic (A, jika ada akord E sebagai ganti Em), chromatic scale (untuk passing, ini scale yg kreatif), arpeggio2 dari progresi akord2nya, dan lain-lain...

- untuk mempermanis aransemen, buatlah intro yg bagus karena pemikat awal atau pertama kali yg didengar oleh pendengar adalah intro, ada kecenderungan jika intronya bagus maka pendengar akan penasaran untuk terus mendengarkannya, dan sebagai ornamen / penghias komposisi gunakan juga banyak bridge chords untuk gitar, bass dan keyboard. untuk drum gunakan variasi pada masing2 part dari mulai intro, verse, bridge, chorus sampai ending dengan variasi2 pukulan yg dibuat sedikit berbeda tapi tetap dalam satu style (terkecuali kl kita mau main progresif atau kreatif maka boleh tiap part memiliki stylenya sendiri2 atau boleh acak birama, sedangkan untuk pop dan rock umumnya cukup memberikan beberapa tambahan kecil untuk tiap partnya supaya tidak monoton). serta jangan lupa juga masing2 instrumen wajib memahami harmoni instrumen, timing, part leading, dan lain-lain...

- membentuk karakter musik bisa juga lewat penekanan lirik, jika aransemennya cenderung bertujuan untuk menguatkan pesan yg ada didalam lirik maka beri ruang saat ada lirik yg ingin ditonjolkan, artinya instrumen jangan terlalu 'bermain' disaat ada kata-kata yg ingin ditonjolkan, bila perlu awali dengan hentakan gitar atau drum supaya pendengar bisa mendapatkan 'aba-aba' untuk mendengar liriknya lalu buat instrumen agak 'silent' di part yg tertuju supaya liriknya jelas terdengar.

- buatlah ending yang memiliki kesan yang klimaks lalu akhiri dibagian paling ujungnya dengan soft playing atau jika ingin terus klimaks skaligus unlimited maka gunakan cara 'fade out' (makin lama makin kecil)


(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

 
*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Label

Subscribe Our Newsletter