-->

Tips-Tips Atau Cara-Cara Meng-Aransemen Musik Pop Dan Rock (Part 2)



TIPS-TIPS ATAU CARA-CARA MENG-ARANSEMEN MUSIK POP DAN ROCK (Part 2)

setelah membaca PART 1 maka berikut ini lanjutannya;

- sering kita mendengar komposisi yg terlalu ‘root note’, coba biar pop atau rock nya kamu lebih memiliki kesan ‘berkelas’ alias gak picisan, maka bumbui dengan bermain mode pada gitar, bass dan keyboard, jika progresi kordnya jarang pindah…

- sekali-kali si drummer memperbanyak aksen pada beat kedua atau keempat (supaya sedikit goyang perkecil pukulan beat 1 dan 3).

- jika tujuan pembuatan lagu/musik kalian ingin agar para pendengar ikut kedalamnya maka jangan pakai akord-akord yang statik tapi gunakan akord-akord yg memiliki leading pada bass atau gabungkan 2 akord kedalam satu permainan seperti slash chords.

- musik pop umumnya bermain di major dan minor (do dan la) dan rock di pentatonik dan blues scale, coba biar pop nya berasa rock kasih blues scale dan kalau mau rock nya ada nuansa pop nya kasih major dan minor.

- cara agar chorus lagu menjadi kuat (*selain pemilihan nada yang menarik) adalah awali dengan bridge yang bagus, sebab bridge yg keren itu akan membuat chorus nya memiliki klimaks yang panjang dan memuaskan :-)

- gitar memang sering leading dalam instrument, namun sekali2 beri kesempatan pemain bass untuk solo sejenak sebelum interlude atau sebelum lead, atau bisa juga drum soloing di part-part yg sejenak.

- keyboardist harus paham penempatan kapan main piano dan kapan string blocking, dan tahu fill in yg manis disela2 beat.

- bungkam para pengkritik musik kalian dengan lagu yg catchy (karena pop dan rock identik dengan catchy sound) namun ungguli dalam aransemen yg mumpuni, (*aransemen yg berkelas tidak harus terdengar ribet, justru yg paling berkelas itu jika terdengar gampang tapi ketika dikulik ternyata komposisinya rumit, ini baru luar biasa :)

~SELAMAT MENCOBA




(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)

 
*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.
There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Label

Subscribe Our Newsletter