-->

Indonesia Pancen Houye

Indonesia Pancen Houye, Sebagai warga negara indonesia yang baik kita wajib membagakan negara sendiri. Indonesia pancen houye atau dengan kata lain bisa di katakan indonesia pancen oye..... kayak ki manteb aja ya..

Kenapa judul artikel ini Indonesia Pancen Houye, ini merupakan kontes terbaru yang di prakarsai oleh mbak dhana. Mbak dhana ingin mengajak kita mengangkat nama indonesia bersaing di bidang internet. Lebih spesifik artikel ini akan mengulas indonesia vs china dari segala bidang.

Tapi di artikel ini saya akan membahas tentang warga negara china yang berdomisili di tanah air ini. Suku bangsa Tionghoa (biasa disebut juga Cina) di Indonesia adalah salah satu etnis di Indonesia. Biasanya mereka menyebut dirinya dengan istilah Tenglang (Hokkien), Tengnang (Tiochiu), atau Thongnyin (Hakka). Dalam bahasa Mandarin mereka disebut Tangren (Hanzi: 唐人, "orang Tang"). Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa orang Tionghoa-Indonesia mayoritas berasal dari Cina selatan yang menyebut diri mereka sebagai orang Tang, sementara orang Cina utara menyebut diri mereka sebagai orang Han (Hanzi: 漢人, hanyu pinyin: hanren, "orang Han").

Leluhur orang Tionghoa-Indonesia berimigrasi secara bergelombang sejak ribuan tahun yang lalu melalui kegiatan perniagaan. Peran mereka beberapa kali muncul dalam sejarah Indonesia, bahkan sebelum Republik Indonesia dideklarasikan dan terbentuk. Catatan-catatan dari Cina menyatakan bahwa kerajaan-kerajaan kuno di Nusantara telah berhubungan erat dengan dinasti-dinasti yang berkuasa di Cina. Faktor inilah yang kemudian menyuburkan perdagangan dan lalu lintas barang maupun manusia dari Cina ke Nusantara dan sebaliknya.

Setelah negara Indonesia merdeka, orang Tionghoa yang berkewarganegaraan Indonesia digolongkan sebagai salah satu suku dalam lingkup nasional Indonesia, sesuai Pasal 2 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Oleh sebab indonesia masih banyak menguntungkan di banding mereka hidup di negara mereka, jadi pantas saja kalau indonesia menang dalam segi ini menjadikan indonesia pancen houye.

Meskipun kalau di kota saya orang china rata-rata lebih kaya di banding orang pribumi, tetap saja kita sebagai pemilik negeri ini lebih kaya karena kita termasuk yang memberi mereka kehidupan. Bagaimana tidak kalau orang cina tidak boleh berdomisili di indonesia kan berarti mereka harus pulang dan akan kehilangan pekerjaan yang telah memberi mereka penghidupan selama ini... ya gak?? Pokoknya indonesia pancen houye lah...


Artikel di atas merupakan artikel dalam mendukung kontes SEO Gebyar Lunar Berbagi Dolar yang diselenggarakan mbak Dhana/戴安娜 selaku pencetus dan pemilik website(DhanaArsega.blog,DhanaOnline.com dan CafeBlogging.com)

Posting Komentar

Label

Subscribe Our Newsletter