-->

Apa Sih Musik POP ???


MENGENALI MUSIK / LAGU POP

amat disayangkan masih saja ada yg salah mendefinisikan apa itu musik 'POP', bahkan sempat baca beberapa waktu lalu di sebuah postingan, ada yang mengartikan musik pop itu sebagai genre musik yang cengeng dan picisan.. apakah benar demikian??? mari dibahas, kata POP itu kependekan dari populer, artinya musik/lagu yang mudah dicerna dan cenderung disukai oleh byk orang, nah sayangnya byk yg salah mentafsir maksud dari POP ini, pop ada yang mengidentikkan sebagai genre yg layu, slow, penuh kegalauan liriknya bahkan picisan, ini SALAH BESAR !!! pop itu sebenarnya bukan genre, pop itu hanya mengisyaratkan bahwa musik/lagu yang dibawakan cenderung easy listening (mudah dicerna), apapun genrenya selama lagu/musik itu mudah dicerna maka genre tersebut masuk golongan musik pop, misalkan ada lagu METAL yg mudah dicerna dan dinyanyikan maka ia tergolong pop, ada lagu JAZZ yang mudah dicerna atau dimudahkan maka ia tergolong pop, makanya ada istilah pop-jazz, pop-reggae, pop-blues, pop-klasik, pop-funk, pop-rock, pop-punk, pop-alternative, sweet-pop, pop-progesif, pop-melayu, romantic-pop, pop-indie, pop-latin, pop-country, dan lain-lain.

Pop juga tidak cuma bertemakan lirik romantisme picisan, pop bisa bertemakan lingkungan alam, persahabatan, religi, sosial, dan lain-lain... seandainya POP itu tidak ada, maka hampir dipastikan dunia musik tidak masuk ke semua lini kehidupan, musik hanya ada dalam komunitas musisi, yang bukan musisi akan sulit menikmati lagu/musik, musik menjadi terkurung dan tidak bergerak keluar ke segala arah, pop dideklarasikan untuk menjembatani antara pemusik dan para pendengar sehingga tercapai hubungan timbal balik, yakni yang satu membuat atau berkarya, yg lain mendengarkan / mengapresiasi... inilah kaidah MUSIK POP, apapun genre musiknya jika tidak ditambahkan unsur pop maka dijamin tidak akan banyak yang mau mendengarkan atau sulit untuk dikomersilkan seberapapun hebatnya kualitas musik itu, tahu beethoven? karya-karyanya luar biasa tapi yang orang ingat yang nge-popnya yakni fur elise, tahu bach yang memukau itu? karya-karyanya jenius tapi yang diingat orang yang nge-popnya diantaranya; air dan minute, tahu michael jackson? dia sebutannya king of pop, coba dengar lagu-lagunya, ada unsur disco, rock, rap, ballad, dan lain-lain.. tahu john lennon? ia sangat legendaris, lagu-lagunya nge-pop tapi ada unsur blues, klasik, rock, ballad, rock n roll, dan lain-lain.. tahu queen dengan bohemian rhapsody-nya? lagu ini sempat mendapat julukan lagu termahal dan tercerdas yang pernah ada di dunia musik populer, dan lain-lain... sejarah sudah membuktikan bhw musik-musik yang melegenda itu hampir semuanya pasti nge-pop, nah ini yang saya maksud, mau musiknya didengarkan orang, laku serta musiknya tetap berkualitas? usung konsep pop, dan supaya ada greget/kualitas maka campur dengan unsur blues, jazz, klasik, rock, dan lain-lain.. jadi jangan cuma kejar popnya, tapi 'bungkus' juga (*baca: campur) dengan unsure-unsur idealisme supaya selain laku, tidak dianggap picisan, ada rasa segan ketika menilainya, karena terpenuhi 2 unsur pokok musik yakni idealisme dan komersialisme, intinya jangan nge-pop asal-asalan, NGE-POP-LAH SECARA CERDAS...

(Words/Lesson By Dani Mkd @Reyal Musik)


*harap dan mohon untuk selalu sertakan sumber arsip/artikel jika ingin copy-paste, etika dalam berbagi adalah modal dasar moralitas yang kreatif, jujur, beruntung dan cerdas.

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Label

Subscribe Our Newsletter